Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Sebuah Logo Itu Penting



Hello lagi…

Setelah membahas jenis-jenis logo pada postingan sebelumnya. Kali ini admin akan membahas tentang arti penting sebuah logo. Logo dapat di definisikan sebagai wajah dari brand, merek atau perusahaan kita. Logo menggambarkan sebuah makna, maka sebuah logo yang baik menjadi sebuah kebutuhan.

Sepenting apa sih logo bagi sebuah merek? Agar bisa mendapatkan gambaran akan imbas yang dihasilkan oleh sebuah logo, ada baiknya kita perhatikan cerita berikut.
***


Gambar di atas adalah logo dari Office of Government Commerce (OGC), sebuah lembaga keuangan independen yang dikelola oleh pemerintah Inggris. Tentu saja, bukan sebuah institusi sembarangan. Maka, wajar jika logo tersebut sarat akan kesan formal, serius serta dewasa.

Namun, permasalahan datang saat logo tersebut diputar sebanyak 90 derajat searah jarum jam. Maka, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Jelas saja, wajah pemangku jabatan di OGC langsung merah padam. Apalagi, menurut informasi, dana yang dikeluarkan untuk menghasilkan logo ini tidaklah sedikit; mencapai £14,000!
***

Pastinya kita tidak mau berada dalam posisi mereka? Itulah sebabnya, Seperti yang Ayooo Design katakan bahwa memiliki design logo yang baik sangatlah penting. Apalagi, sebuah poin penting untuk ditambahkan, logo adalah tampilan visual yang menunjukkan kepribadian dan karakter perusahaan bagi khalayak ramai. Jadi, jika sebuah design logo gagal melakukan hal itu, maka mungkin sebaiknya design tersebut tidak digunakan sama sekali.

Sayangnya, menurut pendapat sejumlah ahli identitas merek, sebuah logo kini telah kehilangan fungsinya, seiring dengan semakin malasnya masyarakat untuk mencoba menginterpretasikan nilai yang terkandung dalam sebuah logo. Masih menurut ahli yang sama, sebuah nama perusahaan dan merek yang sederhana dan mudah diingat sudah lebih dari cukup.


Namun, Admin pribadi memiliki pendapat pribadi, yang bertentangan dengan pernyataan pakar merek di atas.

Alasan yang pertama adalah, berdasarkan pengalaman dan pengamatan admin pribadi, masih banyak orang yang mengamati sebuah logo, dan mengasosiasikan persepsi, perasaan, pengertian, preferensi dan penilaian mereka dengan rancangan dan warna yang digunakan oleh logo tersebut

Alasan kedua, yang lebih kuat, adalah logo-logo terkenal semacam lengkungan emas McDonalds, buah apel yang digigit setengah dari Apple atau huruf berlekuk-lekuk khas Coca-Cola masih melekat kuat di dalam benak banyak orang. Bahkan, mustahil kita menemui orang yang mengaku tidak mengetahui logo-logo tersebut.

Lalu, mengapa logo penting bagi bisnis atau perusahaan? Atau dengan pertanyaan yang hampir sama, apa fungsi logo bagi perusahaan Anda?

Berdasarkan beberapa referensi, saya menemukan beberapa alasan berikut:

Logo merupakan representasi visual
Manusia memiliki identitas, dan salah satu cara termudah untuk membedakannya dengan manusia lainya adalah wajah. Demikian juga dengan perusahaan atau bisnis, logo menjadi salah satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi  dan diingat oleh orang banyak.

Selain mudah diingat, orang cenderung mengingat logo daripada nama perusahaan atau produknya. Hal ini juga memberikan manfaat tambahan, sebagai merek perusahaan logo dapat membantu meningkatkan penjualan item produk atau portofolio baru perusahaan karena pelanggan dapat mengasosiasikan kualitas produk yang telah dikenal masyarakat luas dengan kualitas produk baru menggunakan logo yang sama.

Logo membuat Bisnis atau Produk Anda Unik
Dalam lingkungan bisnis yang begitu luas, tidak ada hal yang dapat membantu sebuah perusahaan atau produk terlihat lebih menonjol dibanding produknya selain dengan logo. Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama.

Ingat dengan kecap? Semua kecap No.1 bukan? Ketika berbelanja, Anda dengan mudah memilih kecap kesukaan Anda. Mungkin itu bergambar Bangau, atau mungkin bertulis ABC? Jelaslah, logo membuat produk dan bisnis menjadi unik.

 ***
Sampai di sini dulu, sampai postingan selanjutnya.

Post a Comment for "Mengapa Sebuah Logo Itu Penting"