Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunggulan File PNG dari File JPG


Apa file image terpopuler? Jawabannya adalah JPG. Namun apakah JPG merupakan yang terbaik? Tentu saja tidak, karena ada file image PNG atau Portable Network Graphics yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan JPG. Format PNG ini dikenal karena mendukung transparasi dan kemudahan dalam proses editing.

Pada artikel kali ini Ayoo Design akan khusus mengulas tentang file dan foto format PNG atau Portable Network Graphics. Format gambar PNG dianggap sebagai file format image yang populer kedua setelah JPG, dan bahkan saat ini penggunaannya sudah mengungguli format GIF. Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Portable Network Graphics, utamanya adalah mendukung transparasi atau disebut dengan Channel Alpha.



Kedua, PNG mendukung untuk proses kontras sebuah image, fitur ini disebut Gamma. Serta yang ketiga adalah dukungan untuk penayangan citra secara prograsif atau disebut progresif display. Saat ini PNG sering digunakan untuk berbagai macam jenis foto pada sebuah situs website, meski tetap JPG menjadi yang terbanya.

Sejarah Pengembangan

Pembuatan format file Portable Network Graphics dicetuskan sejak tahun1995. Kala itu, format Graphics Interchange Format atau GIF sudah cukup populer penggunaannya. Namun GIF dirasa memiliki banyak kekurangan dan kebutuhan format file yang lebih fleksibel semakin mendesak dengan kemajuan teknologi grafis.

Salah satu kekurangan dari format GIF adalah keterbatasan warna yang ditampilkan, yakni hanya 256 warna. Padahal saat itu kebanyakan komputer sudah mampu menampilkan warna lebih dari 256 jenis. Akhirnya diciptakanlah fromat file PNG pada 1 Oktober 1996 versi 1.0, sekaligus menjadi pendamping format Multiple-image Network Graphics atau MNG yang dikhususkan untuk gambar animasi.

Selanjutnya pengembangan format PNG kembali dilakukan pada tanggal 31 Desember 1998 dengan rilisnya PNG Versi 1.1 , yang menyuguhkan beberapa perubahan kecil, serta tanggal 11 Agustus 1999 PNG versi 1.2 juga dengan perubahan lagi. Sampai pada akhirnya, Portable Network Graphic ditetapkan menjadi format image Standar Internasional (ISO / IEC 15948:2003) pada 10 November 2003.

Karena dibuat untuk menggantikan GIF, nama PNG sering diplesetkan menjadi “PNG’s not GIF” oleh publik. Uniknya hingga saat ini GIF masih populer untuk penciptaan gambar gerak. PNG kini menjadi standar terbuka format image raster yang mendapat dukungan dari W3C serta IETF.

Keunggulan format file .PNG dibanding .JPG

1. File .PNG memiliki warna lebih solid.

Perhatikan image PNG dan JPG di bawah ini:

Samakan? Lalu coba zoom kedua image tersebut…

File JPG akan terlihat pecah warnanya. Walaupun seharusnya satu blok warna coklat muda. Di beberapa sisi, warnanya bimbang mau coklat muda atau tua, gak jelas.
Lalu kita lihat kalo zoom image PNG …

Bandingkan perbedaannya dengan JPG di atas. Keliatan bedanya ‘kan? PNG warnanya lebih solid. Lebih yakin. Lebih satu tujuan. Lebih fokus. Lebih bersih.

2. File .PNG ukuranya lebih irit.


Coba kalian save gambar di atas. Ukuran file JPG di atas adalah 46,3 KB. Kualitasnya di photoshop saya kasih maksimum, soalnya saya ingin kualitas terbaik.

Maksimum gimana?

Saat kita akan mensave dengan format JPG maka akan ada pilihan low, medium, high, very high, atau maximum. Nah saya pilih maksimum biar warnanya mendekati solid. JPG ga bisa solid 100 persen soalnya, selalu saja akan ada warna yg pecah, walaupun seharusnya solid.
Oke dicatat ya, ukurannya 46,3 KB


Lalu coba save file gambar PNG di atas ini. Ukurannya cuma 17,8 KB saja!!! Dengan pengaturan  save for web & devices di photoshop dengan pilihan PNG-8 dengan pilihan 256 warna. Karena vector saya kali ini gak pakek warna gradasi. Kalo pakai warna gradasi atau gradien atau sembur, mendingan save as PNG-24. PNG-24 jumlah warnanya tak terbatas.

Jadi begini, kalo kalian bikin logo yang hanya pakek 2 warna, misalnya hitam dan putih. Ngesavenya di photoshop pakek pilihan PNG-8 dengan pilihan 4 warna aja. Atau 8 warna. Jangan pas 2 warna, nanti hasilnya kasar. Atau kalian bisa lihat perubahannya di sebelah kiri ketika kamu ubah ke jumlah warna tertentu.


Post a Comment for "Keunggulan File PNG dari File JPG"